22.25

MEMILIH TEMPAT USAHA

Inovasi  tempat usaha dan daya tarik pasar
Tempat usaha: tpt produksi, tpt pemasaran
Tempat produksi: tempat memproses produk dari bahan baku menjadi barang siap dipasarkan.
Tempat pemasaran: lokasi yang digunakan untuk  menjual atau memasarkan produk.
Tempat usaha menjadi penting karena daya tarik pasar bisa faktor produk, bisa faktor tempat.
Pertimbangan memilih tempat usaha
  1. Dekat dengan calon pembeli
  2. Dekat dengan bahan baku
  3. Dekat dengan sumber tenaga kerja
  4. Tersedia sarana transportasi
  5. Tersedia prasarana pendukung usaha (air, listrik)
  6. Sejalan dengan kebijakan pemerintah
  7. Daerahnya prospektif
  8. Arealnya cukup
  9. Tidak ada gangguan lingkungan
Tempat usaha harus dekat dengan pasar; dekat dengan calon pembeli
  1. Calon pembeli bisa dalam arti tinggal di lingkungannya, bisa berarti sering lewat tempat itu. Atau banyak komunikasi ke tempat itu
  2. Calon pembeli harus dalam jumlah yang besar
  3. Calon pembeli harus memiliki daya beli
  4. Calon pembeli harus memiliki prospek
Mendisain tempat usaha :
Tempat usaha menjadi daya tarik konsumen sebelum mereka tertarik pada produk yang ditawarkan.
Tempat usaha yang menarik:
•         Tempat usaha bersih dan rapih
•         Tempat usaha berparkir cukup
•         Lingkungan usaha aman
•         Ruangan (tempat) nyaman
•         Tempat usaha dekat dengan lalulintas
•         Pelayannya ramah, berpenampilan rapih dan simpatik
Saluran distribusi:
Himpunan perusahaan  atau perorangan yang mengambil alih hak atau membantu dalam pengalihan hak atas barang atau jasa selama berpindah dari produsen ke konsumen.
Manfaat  saluran distribusi:
•         Mendekatkan pada pasar
•         Mengurangi  waktu belanja ke pusat
•         Mengurangi tanggung jawab  kepemilikan
Fungsi saluran distribusi
•         Riset, Promosi, Hubungan, Perundingan
•         Distribusi fisik, Pembiayaan, Pengurangan resiko
Jumlah saluran distribusi
•         Distribusi intensif: distribusi yang sebanyak-banyaknya, setiap ada daerah konsumen diupayakan disediakan saluran distribusi. Ini untuk produk konvenion.
•         Distribusi selektif: distribusi yang memilih tempat tertentu yang strategis. Untuk produk barang shopping.
•         Distribusi eksklusif: distribusi untuk barang spesial dan istimewa.
Dinamika saluran
•         Saluran pemasaran konvensional, saluran yang produsen, pengecer, grosir, mandiri terpisah satu dari yang lain dalam berbisnis.
•         Saluran pemasaran vertikal, apabila produsen,grosir, pengecer bertindak sebagai satu sistem terpadu dalam berbisnis.
•         Saluran pemasaran horizontal, Kerjasama dua atau lebih perusahaan yang bergabung untuk memanfaatkan peluang pemasaran yg muncul.
Distribusi fisik
Pelanggan tertarik distribusi fisik karena:
•         Penyerahan barang tepat waktu
•         Tawaran produsen untuk memenuhi pesanan yang mendadak
•         Penanganan secara saksama akan barang dagangan
•         Kesediaan pemasok untuk mengambil kembali  barang-barang yang rusak dan memasok kembali dengan cepat.
•         Kemauan pemasok untuk menyimpan barang bagi pelanggan
Kriteria sarana pengangkutan yang menarik konsumen
  1. Kecepatan dan ketepatan penghantaran
  2. Frekuensi penjadwalan pengiriman
  3. Keandalan memenuhi jadwal waktu pengiriman
  4. Kemampuan menangani ragam produk
  5. Ketersediaan tempat  bongkar muat  yang dilayani
  6. Biaya persatuan barang
Faktor yang menarik konsumen terhadap tempat usaha tertentu:
  1. Arealnya aman, nyaman, mudah mencapainya
  2. Harga murah/terjangkau
  3. Areal parkirnya luas
  4. Tempatnya bersih
  5. Penataan lingkungan rapih
  6. Pelayanan baik dan  ramah
  7. Jenis produk lengkap, dalam kondisi baru dan segar

0 komentar:

Posting Komentar