Promosi Usaha
Faktor yang menarik konsumen terhadap tempat usaha tertentu:- Arealnya aman, nyaman, mudah mencapainya
- Harga murah/terjangkau
- Areal parkirnya luas
- Tempatnya bersih
- Penataan lingkungan rapih
- Pelayanan baik dan ramah
- Jenis produk lengkap, dalam kondisi baru dan segar
- Apa yang disampaikan ? Isi pesan harus stabil
- Kepada siapa disampaikan ? Khalayak/komunikan ditujukan pada pasar sasaran
- Siapa yang menyampaikan ? Komunikator, bisa ganti-ganti
- Bagaimana menyampaikan ? Harus krteatif mana yang tepat
- Kapan akan disampaikan ? Waktu menyesuaikan yang tepat
- Pengirim pesan ( komunikator) adalah pengirim pesan kepada pihak lain.
- Penyandian adalah proses pernyataan pikiran dalam bentuk lambang.
Pesan adalah bentuk lambang yang dikirimkan oleh pengirim. - Media adalah saluran komunikasi yang pesan beralih dari pengirim kepenerima
- Penerima adalah pihak yang menerima pesan yang dikirimkan pihak lain.
- Tanggapan: rangkaian reaksi penerima (komunikan) setelah menerima pesan
- Umpan balik: bagian dari tanggapan komunikan yang disampaikan kembali pada pengirim pesan
- Gaduh adalah gangguan komunikasi yang terjadi selama proses komunikasi berlangsung, komunikan tidak bisa menerima pesan secara penuh dari komunikator
Menetapkan arah yang akan dicapai pada kegiatan promosi. Pada tahapan mana yang direncanakan dicapai
Model AIDA, tahap mana arah pencapaian promosi
- Attention : Kesadaran
- Interest : Tertarik
- Desir : Ingin
- Action : Mengambil tindakan
Merancang pesan
• Pesan yang baik adalah yang menarik perhatian dan menghasilkan tindakan.
• Isi pesan biasanya bersifat informasi (memberi tahu), persuasi (membujuk) dan rekognisi (mengingatkan kembali).
• Struktur pesan sepihak sangat efektif bila khalayak sudah condong pada komunikator.
• Struktur pesan dua pihak cenderung efektif untuk khalayak yang berpendidikan lebih baik.
• Format pesan harus menyolok dan disesuaikan dengan media yang digunakan.
Memilih media (saluran) promosi secara kreatif
Saluran personal merupakan saluran komunikasi melalui personal langsung dengan komunikan : saluran komunikasi sosial, saluran penyokong dan saluran ahli.
- Saluran sosial terdiri dari tetangga, teman, keluarga, asosiasi yang berbicara pada pembeli.
- Saluran penyokong terdiri sekelompok wiraniaga yang berhubungan dengan pembeli dan target pasar.
- Saluran ahli terdiri atas orang-orang ahli independen yang membuat pernyataan yang ditujukan pada pembeli target.
- Media massa: Media elektronik:Televisi, Radio, internet; Media cetak: koran, majalah.
- Diperhitungkan jangkauan media dan psikologis audien
- Media massa yang berbentuk iklan, dirancang: isi pesan, bahasa pesan, aktor pesan, media untuk menyampaikan pesan.
- Media massa sangat efektif mempengaruhi khalayak.
Waktu promosi
Promosi bisa efektif bila tepat memilih waktu sesuai kesediaan audien
Ada 4 waktu penyampaian promosi
1. Terus-menerus untuk barang konvenien , kebutuhan harian
2. menurun, promosi bumbu pagi hari.
3. menaik, promosi hiburan di hari sabtu.
4. terkonsentrasi, promosi alat sekolah di tahun ajaran baru
Carikan waktu-waktu yang tepat untuk promosi produk tertentu yang audian sasaran memiliki waktu siap mengikutinya
Menentukan bauran promosi secara kreatif
• Personal selling adalah bentuk promosi yg dilakukan dg tatap muka face to face.
• Periklanan adalah promosi dengan media massa elektronik maupun cetak.
• Sales promotion adalah promosi dengan cara memberi insentif untuk meningkatkan penjualan.
• Publisitas adalah publikasi suatu produk yang sifatnya informasi obyektif, bukan bersifat persuasif.
Iklan Sebagai Media Promosi
Iklan, bisa menjangkau banyak khalayak, tetapi halayak sangat heterogen, oleh karenanya harus:
1. Penampilan iklan menarik
2. Redaksi iklan mudah dicerna
3. Redaksi iklan penuh makna
4. Redaksi iklan mudah diucapkan dan ditirukan
5. Iklan meningkatkan citra perusahaan
• Apabila memilih iklan sebagai media promosi harus memperhatikan luasan jangkauan media, intensitas media dan citra media oleh khalayak sasaran.
Personal selling
Kelebihan personal selling:
- Berhadapan langsung secara pribadi dan interaktif dengan calon pembeli
- Terdapat keakraban dengan khalayak
- Adanya tanggapan langsung dari khalayak.
Promosi penjualan (Sales promotion)
Model ini memiliki Ciri –ciri:
- Komunikasi, memberi informasi pembelian produk
- Insentif, memberikan perangsang atau daya tarik pembeli
- Undangan, cara ini mengundang khalayak segera terlibat transaksi
1. Nilai kepercayaan yang tinggi, artikel, berita di media lebih dipercaya oleh pembaca.
2. Dorongan keluar, bisa menjangkau banyak pihak yang menghindari wiraniaga dan iklan yang terkesan mengajak khalayak.
3. Dramatisasi, publisitas bisa menampilkan nilai-nilai positifnya suatu produk.
Alasan menggunakan bauran promosi
• Menggunakan periklanan karena produk perlu diinformasikan ke khalayak luas
• Menggunakan sales promotion, karena ingin meningkatkan loyalitas pembeli
• Menggunakan personal selling karena kita perlu menyampaikan pada orang terbatas dan
• Menggunakan publisitas, karena perusahaan ingin meningkatkan citra
0 komentar:
Posting Komentar